Manfaat dan Fungsi Peta Dalam Kehidupan Sehari-hari


Peta berfungsi untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu wilayah dalam bentuk yang diperkecil, baik secara detail maupun secara menyeluruh, dan untuk keperluan navigasi.

Manfaat Peta

Sudahkah terpikirkan olehmu petunjuk apa yang akan digunakan oleh seorang pilot pesawat terbang atau nakhoda kapal laut sebagai lintasan jalan untuk mencapai tujuan yang akan dituju seandainya peta tidak ada? Betapa sulitnya mereka menentukan titik koordinat akan daerah atau wilayah tujuan mereka. 

Untuk itu, secara umum peta berfungsi untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu wilayah dalam bentuk yang diperkecil, baik secara detail maupun secara menyeluruh, dan untuk keperluan navigasi.

Empat Fungsi Peta Menurut Aryono Prihandito

Aryono Prihandito dalam bukunya Kartografi, membedakan fungsi peta menjadi empat, yaitu:

  1. Menunjukkan posisi atau lokasi relatif. Peta berfungsi untuk menunjukkan letak suatu tempat berdasarkan titik acuan tertentu di muka bumi.
  2. Menunjukkan jarak antarkota atau luas daerah di muka bumi.
  3. Memperlihatkan bentuk atau dimensi kenampakan tertentu, seperti aliran sungai dan gunung dapat terlihat di dalam peta.
  4. Mengumpulkan dan menyeleksi data-data dari suatu daerah dan menyajikannya di dalam peta. 

Dalam penyajiannya, simbol-simbol digunakan sebagai wakil dari data-data tersebut. Dalam hal ini, Kartografer dapat menganggap simbol tersebut dimengerti oleh pemakai peta.

Fungsi Peta Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain itu, peta dapat juga digunakan sebagai sumber data untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Pada saat terjadinya peperangan, peta juga dapat digunakan untuk menentukan gerakan musuh, mengadakan pengintaian (penyergapan), dan menentukan peta perjalanan dalam peperangan. Contohnya, peta perjalanan Jenderal Sudirman dalam bergerilya melawan Belanda.
Loading...