Pengertian Dan Contoh Prinsip Ekonomi

Materi ini akan membahas tentang: Prinsip Ekonomi, pengertian prinsip ekonomi, contoh prinsip ekonomi, pembagian prinsip ekonomi, prinsip ekonomi konsumen, dan prinsip ekonomi produsen.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi artinya suatu prinsip yang digunakan dalam melakukan tindakan ekonomi supaya hasilnya menguntungkan.
Prinsip Ekonomi, Pengertian Dan Contoh
Gambar: Produsen

Realisasi dari prinsip ekonomi adalah berusaha dengan modal yang sekecil-kecilnya (seminimal mungkin), tetapi memperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi merupakan landasan sikap yang mendasari seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi. 

Macam-macam Contoh Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi dibagi menjadi tiga bagian (sesuai dengan lapangan kerjanya masing-masing), yaitu:

  • Prinsip ekonomi seorang konsumen, ia akan membelanjakan penghasilannya seminimal mungkin, tetapi kebutuhannya yang beraneka ragam dapat terpenuhi sehingga ia dapat mencapai kepuasan dengan barang/jasa yang dibelinya.
  • Prinsip ekonomi produsen, ia akan berupaya untuk mengeluarkan ongkos produksi seminimal mungkin, tetapi hasil yang ia dapatkan maksimal. Hal ini dapat dilakukan oleh seorang produsen dengan membeli bahan baku yang semurah-murahnya. Ongkos produksi kecil, tetapi menjual barang hasil produksinya dengan harga yang relatif tinggi.
  • Tindakan ekonomi. Setiap usaha atau kegiatan yang kamu lakukan berdasar pada prinsip ekonomi merupakan tindakan ekonomi. Seperti kamu ketahui, keterbatasan akan faktor produksi merupakan sumber dari berbagai masalah yang timbul dalam kehidupan ekonomi. 

Agar permasalahan tersebut tidak berlarutlarut, pemerintah dan masyarakat harus mengambil tindakan yang wajar sesuai dengan pertambahan penduduk dan meningkatnya kemakmuran masyarakat. Bagaimana tindakan pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi hal tersebut? 

Pemerintah harus mengambil tindakan dengan mengeluarkan peraturan untuk membatasi penggunaan bahan bakar. Misalnya, dengan menyadarkan masyarakat untuk mengurangi penggunaan sepeda motor atau kendaraan bermotor lainnya, mengganti penggunaan kompor minyak dengan tungku briket batu bara, dan sebagainya. 

Peraturan tersebut akan mencapai sasarannya apabila diikuti oleh masyarakat dengan tindakan yang nyata.

Contoh Tindakan Ekonomi

Berikut ini adalah contoh tindakan ekonomi yang lainnya.
  • Suatu keluarga menyelenggarakan upacara pernikahan secara sederhana untuk mengatasi       keterbatasan dana.
  • Perusahaan mengadakan mekanisasi untuk mengatasi keterbatasan sumber daya manusia.
  • Pemerintahan membangun waduk untuk mengatasi kekurangan air di musim kemarau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Contoh Prinsip Ekonomi"

Post a Comment