Pengertian Dan Macam-macam Kebutuhan Hidup Manusia


Tulisan ini akan membahasa tentang: Kebutuhan hidup manusia, pengertian kebutuhan hidup manusia, Macam-macam kebutuhan manusia, kebutuhan primer, pengertian kebutuhan primer, contoh kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, contoh kebutuhan sekunder, kebutuhan tersier, contoh kebutuhan tersier, serta pembahasan tentang kebutuhan mewah.


Kebutuhan Hidup Manusia

Pengertian Kebutuhan Hidup Mansia

Kebutuhan pada dasarnya berasal dari kata “butuh” yang artinya perlu, penting, dan juga ketergantungan. Jika diartikan dari dasar katanya, maka arti kata kebutuhan adalah setiap hal yang diperlukan orang lain dalam sebuah kegiatan tertentu.

Dalam pengertian lain kebutuhan adalah setiap hal yang timbul secara naluriah, yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup dan menjalankan berbagai macam aktivitas.
Sebagaimana kamu ketahui bahwa manusia hidup tidak terlepas dari pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan tersebut bermacammacam tergantung dari tingkat kebutuhan dan kemampuan untuk memenuhinya. Kebutuhan manusia tidaklah sama, tergantung pada tingkat kemajuan, keadaan tempat, waktu pendidikan, agama.

Kebutuhan Menurut Tingkatannya Berdasarkan tingkatannya, kebutuhan dibagi menjadi dua, yaitu
kebutuhan pokok (primer) dan kebutuhan tambahan.

1) Kebutuhan pokok (primer)

Kebutuhan Hidup Manusia, Pengertian Dan Macam-macam Kebutuhan Manusia
Gambar: Makanan Sebagai Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok, artinya kebutuhan hidup manusia yang pemenuhannya tidak dapat ditangguhkan. Karena apabila ditangguhkan akan mengganggu kelangsungan hidup manusia.
Contohnya: kebutuhan pokok makanan, pakaian, dan perumahan.

2) Kebutuhan tambahan

Kebutuhan tambahan adalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditangguhkan. Kebutuhan tambahan dibagi menjadi tiga golongan, yaitu:

a) Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder disebut juga kebutuhan nomor dua. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan penting terhadap benda-benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi masih dapat
ditangguhkan karena tidak mengancam kebutuhan hidup.

Contohnya: alat-alat rumah tangga, seperti radio, televisi, kursi.

b) Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan bersifat hiburan belaka, boleh dipenuhi ataupun tidak.
Misalnya, rekreasi.

c) Kebutuhan mewah

Kebutuhan mewah adalah kebutuhan bersifat khusus yang pemenuhannya hanya dapat dijangkau oleh orang tertentu.
Misalnya, mobil mewah, rumah mewah, perlengkapan rumah tangga yang mewah.
Loading...