Pengertian Kelembaban Udara, Macam-macam Kelembaban Udara, Dan Alat mengukur Kelembaban Udara

Berikut adalah pembahasan tentang: kelembaban udara, pengertian kelembaban udara, macam-macam kelembaban udara, Kelembapan relatif, Kelembapan absolut, Alat untuk mengukur kelembapan udara, higrometer.

Kelembapan udara

Kelembapan udara adalah banyak-sedikitnya uap air di udara. 
 kelembaban udara, pengertian kelembaban udara, macam-macam kelembaban udara, Kelembapan relatif, Kelembapan absolut, Alat untuk mengukur kelembapan udara, higrometer.
Gambar: higrometer

Uap air di udara berasal dari penguapan di permukaan bumi, air laut, dan air pada tumbuh-tumbuhan. Kandungan uap air di udara berubahubah, bergantung pada temperaturnya. Makin tinggi temperatur di suatu tempat, makin renggang partikel udara di tempat tersebut. 

Akibatnya, kandungan uap airnya makin tinggi. Kelembapan mempengaruhi pengendapan air di udara yang berupa awan, kabut, embun, dan hujan.

Macam-macam Kelembapan Udara

Macam-macam kelembapan udara adalah sebagai berikut:

1) Kelembapan relatif (nisbi)

Kelembapan relatif adalah perbandingan jumlah uap air di udara dengan jumlah uap air maksimum yang terkandung di udara pada suhu yang sama.
Bila kelembapan relatif pada temperatur tertentu adalah 50%, berarti udara mengandung uap air yang massanya separuh jumlah massa uap air yang dapat dikandung udara pada temperatur tersebut.

Bila kelembapan relatif mencapai 100%, berarti udara tersebut berada dalam keadaan jenuh. Udara dapat menjadi jenuh karena terjadi penambahan uap air atau terjadi pemampatan udara. Udara akan terasa nyaman bila kelembapan relatifnya berkisar antara 50% - 60%.

2) Kelembapan absolut (mutlak)

Kelembapan absolut adalah banyaknya uap air dalam udara pada suatu daerah tertentu yang dinyatakan dalam gram uap air per meter kubik.
Hal ini tergantung pada temperatur yang mempengaruhi kekuatan udara untuk memuat uap air, tiap suhu mempunyai batas dari uap air yang dimuatnya.

Misalnya, daerah pantai yang berdekatan dengan lautan sebagai sumber penguapan mempunyai kelembapan mutlak tertinggi. Daerah pedalaman yang jauh dari laut atau sumber air permukaan lainnya biasanya lebih kering. Kelembapan mutlak terendah di wilayah gurun pasir. Alat untuk mengukur kelembapan udara adalah higrometer.

Baca juga: Pengertian Iklim Dan Cuaca, Macam-macam Angin, Pola Dan Sistem Angin

Subscribe to receive free email updates: