Pengertian Rawa, Ekosistem Rawa, Macam-macam Dan Jenis Rawa

Berikut adalah pembahasan tentang: Rawa, pengertian rawa, macam macam rawa, jenis-jenis rawa, ekosistem rawa, rawa pasang surut, rawa air tawar, lahan rawa, lahan pasang surut, plankton, pengertian plankton, nekton, pengertian nekton, neuston, pengertian neuston, bentos, pengertian bentos,  pengertian perifiton.

Rawa

Pengertian Rawa

Rawa adalah bagian permukaan bumi yang selalu basah dan tergenang air karena kekurangan aliran atau bagian permukaan bumi yang lebih rendah daripada daerah sekitarnya.

Macam-macam Rawa

Macam-macam rawa adalah sebagai berikut:

  1. Rawa tergenang adalah rawa yang selalu tergenang oleh air, dasar rawa merupakan lapisan gambut yang tebal dan air yang berwarna kemerah-merahan.
  2. Rawa pasang surut adalah rawa yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut sehingga dapat dimanfaatkan sebagai areal sawah pasang surut.
    Rawa, pengertian rawa, macam macam rawa, jenis-jenis rawa, ekosistem rawa, rawa pasang surut, rawa air tawar, lahan rawa, lahan pasang surut, plankton, pengertian plankton, nekton, pengertian nekton, neuston, pengertian neuston, bentos, pengertian bentos,  pengertian perifiton.
    Gambar: Rawa

Jenis-jenis Rawa

Berdasarkan sifat airnya, rawa dibedakan atas tiga jenis, yaitu:

  1. Rawa air tawar adalah rawa yang berisi air tawar. Rawa ini tidak mengalami pergantian air. Rawa ini umumnya terdapat di daerah pedalaman dan sekitar aliran sungai-sungai besar di hutan.
  2. Rawa air payau adalah rawa yang berisi campuran air asin dan tawar. Rawa jenis ini terdapat di sekitar muara sungai yang mendapat pengaruh pasang surut air laut.
  3. Rawa air asin adalah rawa yang berisi air laut. Rawa jenis ini banyak terdapat di kawasan pantai yang terkena pengaruh pasang surut air laut.

Ekosistem Rawa


  1. Plankton, terdiri alas fitoplankton dan zooplankton; biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air.
  2. Nekton, hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan.
  3. Neuston, organisme yang mengapung atau berenang di permukaan air atau bertempat pada permukaan air, misalnya serangga air.
  4. Perifiton, merupakan tumbuhan atau hewan yang melekat pada tumbuhan atau benda lain, misalnya siput.
  5. Bentos, hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup pada endapan. Bentos dapat sessil (melekat) atau bergerak bebas, misalnya cacing dan remis.
Loading...