Faktor-faktor Migrasi Dan Pengertian Migrasi Sirkuler

Berikut adalah pembahasan tentang: Migrasi sirkuler, Pengertian Migrasi sirkuler, Faktor-faktor Migrasi, Faktor ekonomi, Faktor pendidikan, Faktor keamanan, Faktor politik, Faktor sosial

Migrasi Musiman

Migrasi musiman yaitu perpindahan penduduk yang terjadi pada musim-musim tertentu.
Contohnya, pada musim panen di suatu daerah, banyak penduduk daerah lain yang datang untuk membantu dalam proses panen tersebut.
Migrasi Sirkuler

Migrasi sirkuler

Migrasi sirkuler yaitu perpindahan penduduk sementara karena mendekati tempat pekerjaan.
Contohnya, seorang penduduk Cianjur yang bekerja di Bandung dan tinggal sementara di Bandung.

Akan tetapi, pada waktu-waktu tertentu secara teratur pulang ke tempat tinggalnya di  Cianjur karena semua keluarganya tinggal di Cianjur. Adapun tentang alasan seseorang melakukan migrasi tentunya beragam dan dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Faktor-faktor Migrasi

Secara umum, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi sebagai berikut.
  1. Faktor ekonomi yaitu ingin memperoleh kesejahteraan yang lebih baik di tempat yang baru.
  2. Faktor pendidikan yaitu migrasi yang terjadi karena ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Lokasi perguruan tinggi biasanya terpusat di suatu wilayah tertentu, khususnya perkotaan.
  3. Faktor pekerjaan yaitu migrasi yang terjadi karena penugasan yang diberikan oleh pemimpin tempatnya bekerja.
  4. Faktor keselamatan yaitu daerah yang sering dilanda bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan bencana-bencana alam lainnya. Hal itu menyebabkan banyak penduduk di tempat tersebut yang bermigrasi ke tempat lain yang bebas dari gangguan bencana alam.
  5. Faktor keamanan yaitu migrasi yang terjadi akibat adanya gangguan keamanan di tempat mereka sebelumnya.
  6. Faktor politik yaitu migrasi yang terjadi karena adanya perbedaan politik di antara warga masyarakat.
  7. Faktor agama yaitu migrasi yang terjadi karena perbedaan agama sehingga sebagian penduduk merasa kurang bebas menjalankan ajaran agamanya.
  8. Faktor sosial, yaitu migrasi yang terjadi karena adanya tekanan-tekanan sosial dari masyarakat terhadap seseorang sehingga ia berimigrasi.
  9. Faktor kepentingan pembangunan yaitu migrasi yang terjadi karena suatu daerah permukiman penduduk terkena proyek pembangunan seperti pembuatan jalan tol Cipularang.

Subscribe to receive free email updates: