Interaksi Unsur-unsur Lingkungan Dan Unsur Lingkungan Biotik, Abiotik Dan Sosial-budaya

Berikut adalah pembahasan tentang: Interaksi Unsur-unsur Lingkungan, Unsur-unsur Lingkungan, unsur unsur lingkungan hidup, unsur lingkungan hidup, lingkungan biotik, unsur biotik, 3 unsur lingkungan hidup, unsur unsur sosial, unsur unsur sosial budaya, lingkungan sosial budaya, unsur abiotik

Interaksi Unsur-unsur Lingkungan 

Manusia hidup di muka bumi ini berkembang dan berinteraksi dengan lingkungan. Kehidupannya dimulai dari yang paling sederhana, yaitu merupakan bagian dari lingkungan, kemudian mulai manusia melepaskan diri dari lingkungan dengan jalan mengolah lingkungan, sampai berusaha membina lingkungan.

Manusia bagian dari lingkungan guna memenuhi kebutuhan hidupnya terutama bahan makanan, hanya terbatas pada segala sesuatu yang terdapat di dalam lingkungan, sehingga tidak ada usaha untuk memproduksi bahan makanan yang dibutuhkan.

Sejalan dengan pertumbuhan manusia yang terus bertambah, lingkungan semakin terbatas dalam menyediakan bahan yang dibutuhkannya. Apalagi, di antara manusia di dalam lingkungan yang sama terjadi persaingan dalam memperebutkan ruang hidup dan sumber daya.

Baca Juga: Pengertian Lingkungan Hidup, Lingkungan Hidup Alamiah Dan Contohnya

Unsur-unsur Lingkungan

Secara garis besar, unsur lingkungan hidup dibagi menjadi tiga, yaitu biotik, abiotik dan sosial budaya.

1. Unsur biotik

Unsur biotik adalah segala makhluk hidup yang terdapat di sekitar kita, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan binatang. Baik yang terdapat di atas tanah maupun yang terdapat di dalam tanah.

2. Unsur abiotik

Unsur abiotik adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar kita yang berwujud benda-benda mati seperti tanah, air,udara, mineral, gas, energi dan sinar matahari.

3. Unsur-unsur sosial budaya

Unsur-unsur sosial budaya adalah segala sesuatu yang berasal dari hasil pikiran dan akal budi manusia, unsur-unsur budaya termasuk di dalamnya semua ciptaan manusia seperti gudang-gudang, jalan-jalan, kendaraan bermotor, industri dan sebagainya termasuk pranata-pranata yang terbentuk melalui proses berpikir manusia.

Di dalam suatu komunitas, komponen-komponen lingkungan tersebut saling berhubungan, bahkan saling memengaruhi. Keadaan yang demikian, secara alamiah menjamin kelangsungan makhluk hidup di permukaan bumi. Dalam hubungan ini, suatu komponen lingkungan baik biotik maupun abiotik menjadi lingkungan bagi makhluk hidup. Apakah ia menjadi bahan makanan atau menyuplai energi.

Di dalam kehidupan manusia, senantiasa terjadi interaksi timbal balik sistem sosial yang dipengaruhi latar belakang budaya dan sistem biofisik atau ekosistem. Hubungan timbal balik yang erat antara dua subsistem itu dapat berjalan dengan baik dan teratur karena adanya arus energi. Energi, materi, dan informasi, misalnya energi yang diperlukan untuk melakukan kerja.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aspek latar belakang sosial ekonomi dan budaya manusia dapat memengaruhi perilaku manusia dalam memperlakukan alam lingkungan sekitarnya.

Dengan perkatan lain, manusia dapat dianggap sebagai pengontrol program ekosistemnya. Sebaliknya, karena pengaruh lingkungan biofisik sekitarnya, manusia harus melakukan penyesuaian diri terhadap sifat lingkungan sekitarnya untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Hubungan sistem sosial dan biofisik tersebut sangat dinamis setiap waktu. Karena itu, jika ada perubahan pada sistem sosial masyarakat secara otomatis akan mengakibatkan perubahan pula pada sistem biofisik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Interaksi Unsur-unsur Lingkungan Dan Unsur Lingkungan Biotik, Abiotik Dan Sosial-budaya"

Post a Comment