Pengertian Lingkungan Hidup, Lingkungan Hidup Alamiah Dan Contohnya

Berikut adalah pembahasan tentang: Lingkungan Hidup, pengertian Lingkungan Hidup, uu no 4 tahun 1982, undang undang lingkungan hidup, Lingkungan Hidup Alamiah, pengertian Lingkungan Hidup Alamiah, Contoh Lingkungan Hidup Alamiah

Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup, Bab 1 Pasal 1 merumuskan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Dengan penjelasan itu bahwa lingkungan hidup merupakan satu kesatuan yang membentuk suatu wilayah yang disebut dengan ekosistem. Di dalamnya meliputi lingkungan alam hayati, nonhayati, dan lingkungan buatan serta lingkungan sosial.
Ilmu yang mempelajari tentang lingkungan adalah ekologi.
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alamiah dan lingkungan hidup buatan.
Lingkungan Hidup, pengertian Lingkungan Hidup, uu no 4 tahun 1982, undang undang lingkungan hidup, Lingkungan Hidup Alamiah, pengertian Lingkungan Hidup Alamiah, Contoh Lingkungan Hidup Alamiah
Gambar: Hutan Primer


Lingkungan Hidup Alamiah

Pengertian Lingkungan Hidup Alamiah:
Lingkungan hidup alamiah adalah suatu sistem yang amat dinamis yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, keadaan, makhluk hidup, dan komponen-komponen abiotik lainnya, tanpa adanya dominasi campur tangan manusia. 

Contoh Lingkungan Hidup Alamiah

Interaksi yang terjadi di dalam lingkungan alamiah dan sekitarnya membentuk suatu ekosistem. Salah satu contoh lingkungan hidup alamiah, yaitu hutan primer.

Dalam lingkungan alamiah ini terjadi interaksi antarkomponen lingkungan, pertukaran energi dan materi, dan pergantian komunitas tumbuhan dan hewan sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang ditimbulkan oleh peristiwa alam, seperti gempa, kebakaran hutan, banjir, dan pergantian iklim.

Pergantian alamiah dalam lingkunan hidup alamiah dapat terjadi berkali-kali, namun akhirnya selalu membentuk komunitas yang stabil. Sebaliknya, pergantian dalam hutan primer yang terjadi akibat kegiatan manusia, seperti penebangan hutan, perladangan  berpindah, pertambangan, pembukaan hutan untuk pertanian, dan perkebunan menyebabkan lingkungan hidup alamiah menjadi  lingkungan hidup binaan.
Baca Juga: Lingkungan Hidup Binaan, Pengertian Dan Contoh

Subscribe to receive free email updates: