Pengertian Perikanan, Perikanan Darat, Perikanan Laut, Macam-macam Jenis Dan Contohnya

Perikanan

Pengertian Perikanan:
Perikanan adalah usaha mengambil (memanfaatkan) ikan atau membudidayakan ikan, baik yang dilakukan di laut, sungai, waduk, kolam, tambak, sawah, dan lain-lain.

Berdasarkan medianya, perikanan dibedakan menjadi:

Perikanan Darat

Perikanan darat merupakan kegiatan perikanan yang dilaksanakan di air tawar, misalnya: di sungai, danau, waduk, kolam, dan lain-lain. Ada juga yang dilakukan di sawah yang disebut Minapadi, yaitu perikanan saat padi baru ditanam sampai airnya dikeringkan karena akan diberi pupuk.

Perikanan darat ini biasanya pemanfaatannya hanya sebagai usaha sampingan, tetapi perikanan darat ini juga diusahakan secara besar-besaran dengan menggunakan teknik "running water" atau istilah lain perikanan air deras.
Daerah perikanan darat di Pulau Jawa yang terkenal, misalnya: di Jawa Barat (Cisaat-Sukabumi, Danau Saguling), Jawa Tengah, Sumatra Selatan, dan Jawa Timur. 


Jenis-jenis Perikanan Darat

Adapun jenis ikannya, antara lain: ikan mas, bawal, mujair, nila, lele, dan gurame. Selain jenisjenis
ikan tadi, terdapat pula budidaya ikan hias yang hampir di setiap daerah di Pulau Jawa terdapat jenis ikan tersebut.
Gamabar: Perikanan Air Tawar 

Perikanan Laut

Perikanan laut merupakan kegiatan penangkapan ikan di laut, baik secara tradisional maupun modern. Kegiatan ini juga meliputi pembudidayaan ikan di daerah pantai ataupun di lautan lepas sebagai sumber mata pencaharian masyarakat.

Penangkapan secara tradisional tersebar luas di seluruh wilayah Nusantara dan dilakukan oleh penduduk, terutama yang tinggal di pesisir pantai dengan menggunakan perahu layar bercadik. Tetapi, ada pula yang telah menggunakan perahu motor dengan peralatan yang masih sederhana, misalnya: pancing, jala, sero, rawai, dan pukat.

Penangkapan secara modern dilakukan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Perlengkapannya sudah lebih maju dibandingkan dengan tradisional yang menggunakan kapal besar dilengkapi dengan mesin
pendingin (pengawet) serta pengolahan ikan.

Jenis ikan yang ditangkap, antara lain: cakalang, tuna, cumi, kembung, kerapu, kakap, teri, dan lemuru. Bahkan, ada ikan hasil tangkapan nelayan yang memiliki nilai ekspor, yaitu ikan tuna yang
wilayah tangkapannya meliputi laut selatan pulau Jawa, sebelah barat Sumatra, Laut Banda, dan sebelah utara Papua.

Contoh Hasil Perikanan Laut

Berikut ini adalah contoh-contoh hasil tangkapannya.
  1. Cakalang, wilayahnya di laut Maluku dan Flores.
  2. Ikan kembung, wilayahnya perairan Sumatra Utara dan bagian selatan Papua.
Baca juga: Pembahasan Lengkap Tentang Hutan, Pengertian, fungsi, Jenis, Dan Contohnya
Loading...