Produksi, Faktor-faktor Produksi Dan Ketenaga Kerjaan

Berikut adalah pembahasan tentang: Produksi, faktor-faktor produksi, faktor alam, faktor tenaga kerja, pengertian tenaga kerja, peranan tenaga kerja, pembagian  tenaga kerja, macam-macam tenaga kerja, tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, pengertian tenaga kerja terdidik, pengertian tenaga kerja terlatih, tenaga kerja tidak terdidik, tenaga kerja tidak terlatih, faktor modal, fungsi modal, modal tetap, pengertian modal tetap, wira usaha, kegiatan wirausaha, dan pengertian manager.

Kegiatan ekonomi yang pokok terjadi salah satunya di pasar. Pasarlah tempat bertemunya pedagang, pembeli, bahkan distributor barang, dan di  asar pulalah harga suatu barang dapat ditentukan. Selain di pasar, kegiatan ekonomi juga dapat dilakukan di rumah, kantor, jalanan, bahkan di perairan. Bagaimanakah proses kegiatan ekonomi? Mari telaah satu-persatu.


Produksi

Apa yang kamu ketahui tentang produksi?
Produksi adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Sedangkan, pengertian produksi secara lebih luas adalah segala sesuatu atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia yang ditujukan untuk menambah dan mempertinggi nilai atau faedah suatu barang. Untuk dapat terlaksananya kegiatan produksi, diperlukan faktorfaktor produksi.

Faktor-faktor Produksi

Berikut ini adalah faktor-faktor produksi.

1. Faktor Alam

Sebagaimana kamu ketahui bahwa sumber daya alam yang dimiliki oleh bangsa kita melimpah ruah, baik yang ada di darat, laut, dan udara. Semua sumber daya alam tersebut dapat memberi kehidupan kepada bangsa kita di segala bidang kehidupan.
Faktor alam di antaranya tanah, tenaga alam, barang tambang, udara, iklim, dan air.

2. Faktor Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah suatu kegiatan manusia yang bersifat jasmani maupun rohani yang dapat ditujukan dalam kegiatan produksi.
Menurut para pakar ekonomi, yang dimaksud dengan tenaga kerja adalah suatu kegiatan manusia yang bersifat jasmani maupun rohani yang dapat ditujukan dalam kegiatan produksi. Tenaga kerja (sumber daya manusia) Indonesia makin lama makin banyak. Hal ini sesuai dengan pertumbuhan bangsa Indonesia yang makin meningkat.
Produksi, faktor-faktor produksi, faktor alam, faktor tenaga kerja, pengertian tenaga kerja, peranan tenaga kerja, pembagian tenaga kerja, macam-macam tenaga kerja, tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, pengertian tenaga kerja terdidik, pengertian tenaga kerja terlatih, tenaga kerja tidak terdidik, tenaga kerja tidak terlatih, faktor modal, fungsi modal, modal tetap, pengertian modal tetap, wira usaha, kegiatan wirausaha, pengertian manager.
Gambar: Calon Tenaga Kerja

Dalam kegiatan produksi, faktor tenaga kerja sangat dominan, karena tanpa adanya tenaga kerja tidak akan ada yang mengerjakan atau menghasilkan produk, baik berupa barang maupun jasa.
Sebagai imbalan atas jasa yang diberikan, para tenaga kerja tersebut mendapatkan imbalan berupa upah.

Kelompok  Tenaga Kerja

Tenaga kerja dibagi ke dalam dua bagian, yaitu:
  1. Tenaga kerja rohani, yaitu tenaga kerja yang menggunakan pikiran (konsep) untuk kepentingan produksinya atau dalam kegiatan produksi.
  2. Tenaga kerja jasmani, yaitu tenaga yang memberikan sumbangan produktif dalam produksi


Pembagian Tenaga Kerja

Tenaga kerja jasmani dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Tenaga kerja terdidik, artinya tenaga kerja yag sebelumnya dididik terlebih dahulu sebelum melaksanakan kerjanya, misalnya: accounting, montir.
  2. Tenaga kerja terlatih, artinya pekerja yang keahliannya didapat dari pengalaman, contohnya pelayan hotel, sopir.
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, misalnya: kuli panggul, penjaga gudang.

3. Faktor Modal

Pengertian Faktor Modal:
Faktor modal adalah setiap alat atau barang yang digunakan untuk menghasilkan barang selanjutnya.
Modal tidak selalu diasumsikan dengan uang, melainkan dapat juga dalam bentuk barang, misalnya
gedung-gedung, mesin-mesin, perkakas, bahan baku, bahan pembantu
yang dipergunakan dalam proses produksi.

Fungsi Modal

Fungsi modal dalam ekonomi adalah sebagai penghasil dalam meningkatkan produksi. Modal
dibagi ke dalam dua bagian, yaitu:
  1. Modal tetap, artinya alat-alat produksi yang tahan lama dan berangsur-angsur dalam kegiatan produksi. Misalnya: gedung, mesin, peralatan.
  2. Modal lancar, atinya alat-alat produksi yang habis dalam satu kali atau beberapa kali proses produksi, misalnya: bahan baku, minyak pelumas, bensin.

4. Kegiatan Wirausaha

Dalam berproduksi diperlukan kecakapan seseorang di dalam memadukan faktor-faktor produksi sehingga antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya saling berhubungan dan tidak dapat dipisah-pisahkan.
Manajer adalah seorang pimpinan yang mempunyai pandangan ekonomi, mempunyai kecakapan dalam menjalankan organisasi perusahaan juga memiliki kecakapan dalam meng-organisasikan semua faktor-faktor yang terlibat dalam kegiatan produksi.
Baca juga: Pola Pemukiman Penduduk, Daerah Pantai, Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah
Loading...