Lembaga Pengendalian Sosial, Peran Lembaga Pengendalian Sosial Dan Contoh Lembaga Pengendalian Sosial

Berikut adalah pembahasan tentang: lembaga pengendalian sosial, peran lembaga pengendalian sosial, peran tokoh masyarakat dalam pengendalian sosial, contoh lembaga pengendalian sosial, Gibas, Granat, FPI, sifat pengendalian sosial, lembaga lembaga pengendalian sosial, pengendalian sosial preventif

Lembaga Pengendalian Sosial

Manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan manusia lainnya. Mereka membutuhkan kelompok dalam satu kesatuan yang disebut dengan masyarakat. Masyarakat kemudian menugaskan seseorang atau organisasi untuk mengatur dan memimpin  mereka.

Peran Lembaga Pengendalian Sosial

Jika terjadi perselisihan, pertikaian, konflik, dan perilaku yang tidak sesuai dengan adat istiadat, norma, dan budaya, pemimpin masyarakat kemudian akan menangani persoalan tersebut. Demikin halnya dengan penanganan penyimpangan sosial.

Pihak-pihak yang ikut terlibat, di antaranya pemerintah, masyarakat, dan keluarga. Berbagai upaya kerap dilakukan pemerintah mulai dari upaya preventif, edukasi, rehabilitatif, advokasi, rujukan, dan kontrol sosial.

Contoh Lembaga Pengendalian Sosial

Masyarakat membentuk lembaga swadaya di tingkat lokal, seperti G-Santun (Gerakan Sosial Anti Narkoba Medan Tuntungan), Gibas, Granat, FPI (Front Pembela Islam), dan sebagainya. Eksistensi lembaga swadaya masyarakat ini sebagai upaya memutus mata rantai penyimpangan sosial yang sedang marak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lembaga Pengendalian Sosial, Peran Lembaga Pengendalian Sosial Dan Contoh Lembaga Pengendalian Sosial"

Post a Comment