Macam-macam Pasar, Pasar Harian, Pasar Mingguan, Pasar Bulanan, Dan Pasar Tahunan

Berikut adalah pembahasan tentang: Macam-macam pasar, pasar harian, contoh pasar harian, pengertian pasar harian, pasar mingguan, contoh pasar mingguan, pasar bulanan, dan contoh pasar bulanan.

Macam-macam Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat jenis pasar yang beraneka ragam.
Berdasarkan waktu kegiatannya, pasar dibedakan menjadi empat macam sebagai berikut.

1. Pasar Harian

Pasar harian, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap hari. Transaksi jual beli barang kebutuhan pokok terjadi setiap hari.
Contoh pasar harian adalah pasar tradisional, supermarket, hypermarket, supermall, toserba, dan sebagainya.

2. Pasar Mingguan

Pasar mingguan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung satu minggu sekali, pada hari-hari tertentu. Contoh, pasar minggu, pasar senen, pasar rabu, dan sebagainya.

3. Pasar Bulanan

Pasar bulanan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap satu bulan sekali,
contohnya pasar yang diadakan di seputar sebuah pabrik setiap awal bulan. Pada saat itu, biasanya para karyawan mendapatkan gaji dari perusahaan sehingga dijadikan peluang oleh para pedagang untuk mengadakan pasar sederhana.

4. Pasar Tahunan

Pasar tahunan, yaitu pasar yang kegiatannya berlangsung setiap satu tahun sekali. Pasar ini biasanya digelar untuk memperingati peristiwa tertentu yang dianggap penting.
Contoh, Pekan Raya Jakarta yang diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Jakarta sekaligus untuk mempromosikan berbagai jenis barang kepada konsumen.
Berdasarkan strukturnya, pasar dibagi menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar bukan persaingan sempurna.

Subscribe to receive free email updates: