Pengertian Barang Ekonomi, Barang Bebas, Barang Subtitusi, Barang Komplementer Dan Penjelasannya

Berikut adalah penjelasan tentang: Barang ekonomi, pengertian barang ekonomi, contoh barang ekonomi, barang bebas, pengertian barang bebas, contoh barang bebas, Barang subtitusi, pengertian barang subtitusi, contoh barang subtitusi, Barang komplementer, pengertian barang komplementer, contoh Barang komplementer.

Barang Berdasarkan Cara Memperolehnya

Berdasarkan cara memperolehnya, barang dibedakan menjadi barang ekonomi, dan barang bebas.
  1. Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contohnya, pakaian, alat sekolah, dan sebagainya.
  2. Barang bebas merupakan alat kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas. Untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan karena jumlahnya banyak jika dibandingkan kebutuhan manusia. Contohnya, udara di alam terbuka dan pasir di padang pasir.

Barang Berdasarkan Sifat Hubungannya

Berdasarkan sifat hubungannya dengan barang lain, barang dapat dibedakan menjadi barang subtitusi dan barang komplementer

Barang subtitusi 

Barang subtitusi merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contohnya, tikar dapat menggantikan karpet.

Barang komplementer 

Barang komplementer merupakan barang yang pemanfaatannya harus diikuti dengan pemanfaatan barang lain. 
Contohnya, motor dapat dimanfaatkan jika menggunakan bensin dan balpoin dapat digunakan jika ada tintanya.
Baca juga: kebutuhan menurut waktu dan kebutuhan menurut sifatnya

Subscribe to receive free email updates: