Pengertian Barang Konsumsi, Barang Produksi, Barang Bergerak,Barang Tidak Bergerak, Barang Jadi Berikut Penjelasannya

Berikut adalah penjelasan tentang: Barang konsumsi, pengertian barang konsumsi, contoh barang konsumsi, barang produksi, pengertian barang produksi, contoh barang produksi, barang bergerak, pengertian barang bergerak, contoh barang bergerak, barang mentah, pengertian barang mentah, contoh barang mentah, barang setengah jadi, contoh barang setengah jadi, barang jadi,

Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

Dilihat berdasarkan tujuan penggunaannya, barang dapat digolongkan menjadi barang konsumsi dan barang produksi.
  1. Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk keperluan konsumsi. Contohnya, nasi, pakaian jadi, dan buah-buahan.
  2. Barang produksi merupakan barang yang memerlukan proses produksi sebelum dapat digunakan. Contohnya, kayu dan benang.


Barang Berdasarkan Kegunaannya untuk Jaminan Kredit

Dilihat berdasarkan kegunaannya untuk jaminan kredit, barang digolongkan menjadi barang bergerak dan barang tidak bergerak.
  1. Barang bergerak merupakan barang yang dapat digunakan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek. Contohnya, Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), perhiasan dan sebagainya.
  2. Barang tidak bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, dan gedung.


Barang Berdasarkan Tingkat Kesiapannya dalam Proses Produksi

Berdasarkan tingkat kesiapannya dalam proses produksi, barang dapat digolongkan menjadi barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.


Barang mentah

Barang mentah adalah barang yang perlu diolah terlebih dahulu agar dapat digunakan.
Contohnya, tebu untuk membuat gula, kapas untuk membuat kain, dan sebagainya.


Barang setengah jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, namun untuk menggunakannya diperlukan proses produksi lebih lanjut.
Contohnya, kain untuk pakaian, tepung untuk membuat kue, dan sebagainya.


Barang jadi

Barang jadi  merupakan barang yang siap pakai, contohnya baju, sepatu, dan sebagainya.

Baca juga: Kebutuhan Menurut Waktu Dan Kebutuhan Menurut Sifatnya

Subscribe to receive free email updates: