Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna Dan Contohnya

Berikut adalah pembahasan tentang: Pasar persaingan sempurna, pengertian pasar persaingan sempurna, ciri-ciri pasar persaingan sempurna, contoh pasar persaingan sempurna.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna, yaitu:
Pasar tempat interaksi antara permintaan dan penawaran terjadi dengan jumlah yang tidak terbatas. Harga yang terbentuk merupakan harga yang benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai berikut.

a) Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. 

Oleh karena itu, produsen atau konsumen tidak bisa memengaruhi harga pasar. Harga pasar terbentuk murni hasil interaksi permintaan dan penawaran. Produsen hanya bisa menerima harga pasar.

Baca juga: Pengertian Pasar, Peranan Pasar Dan Fungsi Pasar

b) Barang yang dijual bersifat homogen. 

Barang yang dihasilkan benar-benar sama dalam segala hal. Tidak terdapat perbedaan yang nyata di antara barang yang dijual.

c) Pembeli maupun penjual bebas untuk keluar masuk pasar.

Selama memungkinkan masih bisa mendapat keuntungan, baik penjual maupun pembeli boleh masuk ke dalam pasar.

d) Informasi tentang pasar diketahui dengan sempurna. 

Penjual dan pembeli mengetahui dengan sempurna informasi mengenai harga jual, biaya produksi, kualitas barang, dan lain-lain.

e) Bebas dari campur tangan pemerintah. 

Pemerintah tidak memiliki wewenang dalam menetukan harga di pasar karena harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.

Dalam kenyataannya saat ini, pasar persaingan sempurna tidak pernah ada. Hal ini disebabkan asumsi-asumsi yang menjadi syaratnya sangat sulit untuk dipenuhi dalam kondisi saat ini. Namun, ada pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna,
di antaranya pasar ikan, pasar beras, pasar sayur-sayuran.

Loading...