Sejarah Muhammadiyah, Sejarah Berdirinya Muhammadiyah Dan Tujuan Muhammadiyah

Berikut adalah pembahasan tentang: Muhammadiyah, sejarah muhammadiyah, pendiri muhammadiyah, sejarah berdirinya muhammadiyah, gerakan muhammadiyah, tujuan muhammadiyah,

Muhammadiyah Dan Tokoh Pendiri

Muhammadiyah merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan. Didirikan di Yogyakarta oleh K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 18 Nopember 1918.


Sejarah Muhammadiyah

Persyarikatan Muhammadiyah didirikan untuk mendukung usaha KH Ahmad Dahlan untuk memurnikan ajaran Islam yang menurut anggapannya, banyak dipengaruhi hal-hal mistik. Kegiatan ini pada awalnya juga memiliki basis dakwah untuk wanita dan kaum muda berupa pengajian Sidratul Muntaha.

Selain itu peran dalam pendidikan diwujudkan dalam pendirian sekolah dasar dan sekolah lanjutan, yang dikenal sebagai Hogere School Moehammadijah dan selanjutnya berganti nama menjadi Kweek School Moehammadijah (sekarang dikenal dengan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Muhammadiyah, sejarah muhammadiyah, pendiri muhammadiyah, sejarah berdirinya muhammadiyah, gerakan muhammadiyah, tujuan muhammadiyah,
Gambar: Logo Muhammadiyah

Tujuan Muhammadiyah

Tujuan Muhammadiyah adalah mengembalikan ajaran Islam sesuai dengan Alqur’an dan Sunnah, serta memberantas kebiasaan kebiasaan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan Muhammadiyah tersebut direalisasikan dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, pusat-pusat pelayanan kesehatan, serta masjid masjid dan lembaga da’wah.

Selain di Yogyakarta, Muhammadiyah juga segera menyebar ke kota-kota lain baik yang ada di Jawa maupun di Pulau Jawa. Sampai saat ini, Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi yang masih tetap berdiri dan konsisten dalam melaksakan programnya yaitu memajukan pendidikan Islam.

Baca juga: Indische Partij, Tokoh, Tujuan Dan Semboyan Indische Partij

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Muhammadiyah, Sejarah Berdirinya Muhammadiyah Dan Tujuan Muhammadiyah"

Post a Comment