!-- -->

Rute dan Harga Tiket Masuk Spot Riyadi Prambanan Yogyakarta

advertise here
Pustakapedia.net - Salah satu destinasi wisata hits terbaru di Yogyakarta adalah Spot Riyadi. Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan landscape persawahan di sekitar Candi Prambanan. Lokasi Spot Riyadi terbilang tidak jauh dari Obyek Wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Letaknya yang tak jauh dari beberapa obyek wisata tersebut, membuat wisatawan puas menikmati keindahan dari atas tebing Spot Riyadi. Dari bibir tebing, wisatawan dapat melihat kokohnya Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Candi Sojiwan dengan background persawahan dan Gunung Merapi.
Menikmati Keindahan Candi Prambanan dari Spot Riyadi - Pustakapedia
Dinamakan Spot Riyadi karena area tempat wisata ini merupakan sebuah halaman rumah dari seorang warga sekitar bernama Riyadi. Oleh karena itulah, untuk memudahkan wisatawan mengingat lokasi ini, pengelola menamainya dengan sebutan Spot Riyadi. Selain itu, Spot Riyadi juga memiliki nama lain yaitu Puthuk Setumbunya Jogja. Awal mula adanya Spot Riyadi terbilang tanpa ketidaksengajaan, karena bermula dari para fotografer dan pesepda yang tidak sengaja lewat untuk menelusuri jalan. Lambat laun foto-foto Spot Riyadi tersebar di sosial media khususnya Instagram menjadikan Spot Riyadi banyak di kunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sekitar.

Selain menyuguhkan pemandangan beberapa Candi, Spot Riyadi juga di kenal sebagai tempat untuk menyaksikan sunset maupun sunrise. Karena lokasinya memang tergolong unik, di sisi timur pengunjung dapat menyaksikan sunrise dan di sisi barat pengunjung dapat menyaksikan sunset. Tak hanya di pagi hari maupun di sore hari, saat malam tiba tak sedikit pengunjung yang rela menghabiskan waktunya demi melihat gemerlapnya lampu Kota Yogyakarta atau Indahnya Candi Prambanan ketika malam hari.
Pesona Gunung Merapi dari Spot Riyadi Prambanan - Pustakapedia
Daya tarik primadona para wisatawan adalah, jika cuaca sedang cerah, mereka dapat menyaksikan kokohnya Candi Prambanan dibaur dengan gagahnya Gunung Merapi. Oleh karena itu, Spot Riyadi sangat wajib kalian kunjungi terutama bagi yang suka berfoto maupun bagi yang gemar dengan kegiatan fotografi.

Lokasi dan Rute Perjalanan
Lokasi Spot Riyadi terbilang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu berada di sebelah timur Kota Yogyakarta dan terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten. Walaupun terbilang cukup jauh dari Kota Yogyakarta,  namun letak Spot Riyadi berada di antara spot wisata terkenal antara lain Candi Plaosan, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Secara akomodir, Lokasi Spot Riyadi berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Keindahan Candi Prambanan di Balut Kabut Halus - Pustakapedia
Walaupun lokasinya jauh dari pusat Kota, akses menuju lokasi Spot Riyadi cukup mudah. Kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dapat mencapai lokasinya. Namun perlu di ingat, untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda empat, sangat di anjurkan untuk berhati-hati. Karena sekitar 2 KM dari titik Spot Riyadi jalanan sudah mulai menanjak dan agak sempit.

Apabila kamu ingin berkunjung ke Spot Riyadi, dari pusat Kota Yogyakarta kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 19 KM atau kurang lebih selama 50 Menit. Rute tercepat untuk mencapai lokasi Spot Riyadi yaitu, dari Pusat Kota Yogyakarta - Menuju Candi Prambanan - Pertigaan Candi Prambanan belok ke arah selatan - Resort - Ikuti jalan setapak - Perempatan belok ke kiri. Untuk memudahkan perjalananmu, kamu dapat bertanya dengan warga di sekitar atau kamu juga dapat mengikuti peta dibawah ini.
Fasilitas
Dikarenakan merupakan spot baru dan belum adanya perhatian dari pihak pemerintah, fasilitas Spot Riyadi dapat dikatakan minim. Walaupun begitu, dilokasi sudah tersedia area parkir, toilet, warung makan, dan spot untuk berfoto. 

Harga Tiket Masuk
Walaupun banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan kota Yogyakarta dari Spot Riyadi, namun untuk dapat menyaksikan keindahan tersebut wisatawan tidak dibebankan biaya tiket masuk. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke sana, kamu hanya akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp.2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat.

Click to comment